Rabu, 12 Juni 2013

Pelatihan Alat USG Mitra RIA Husada Institute of Health Sciences


Pada hari Kamis 2 Mei 2013, satu grup dosen Mitra RIA Husada mendapat lagi pelatihan mengenai alat USG. Untuk setiap grup, pelatihan dilakukan sebanyak lima kali pertemuan, dibimbing langsung oleh dr Firdaus A, SPOG dan dr. Gatot SPOG, dibantu Bidan Jeanne Wilotikto SSiT dan Bidan Arnita. Dalam pelatihan singkat yang berlangsung di Ruang Teater, Kampus Mitra RIA Husada tersebut, para dosen diperkaya dengan wawasan mengenai penggunaan USG sebagai alat bantu diagnosa.
Ultrasonografi merupakan salah satu teknologi kesehatan yang dibutuhkan antara lain pada saat kehamilan untuk mendiagnosa kesehatan ibu hamil dan memonitor keadaan janin dalam kandungan, pada masa persalinan untuk melihat kondisi uterus, plasenta/selaput yang tertinggal dalam rahim dan pada saat nifas untuk melihat posisi IUD yang dipasang agar dapat dimonitor apakah posisinya sesuai yang diinginkan
Dengan beberapa set peralatan yang dimiliki Mitra RIA Husada, Ketua Mitra RIA Husada Dr. Srihartati P. Pandi menyampaikan bahwa lulusan kebidanan Mitra RIA Husada harus menguasai pemanfaatan alat USG.
Alat-alat ini difungsikan untuk menjadi bagian dari keterampilan yang akan diajarkan kepada mahasiswa sebagai penunjang mata kuliah terutama mata kuliah Ante Natal Care (ANC).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar